YAMAHA BYSON JARI JARI
Assalammualaikum warahmatullahi wabarahkatuh. Selamat siang, ini kali pertamanya saya mengunggah post, di blog saya dan siang ini saya akan memeberikan tutorial kepada anda cara mengoperasikan aplikasi penjualan Toko Aksesoris Sepeda Motor Switch.
Aplikasi ini
nantinya akan menunjukan informasi mengenai barang yang akan dijual, seperti
foto barang, nama barang, spesifikasi barang, dan juga harga, tentunya aplikasi
bisa melakukan perhitungan aritmatika untuk mengetahui berapa total harga untuk
banyak barang yang di beli. Tidak hanya itu, aplikasi ini juga akan mewajibkan
penggunanya melakukan login terlebih dahulu sebelum menggunakannya, sehingga
akan lebih aman.
Sebelum kita
memulai, saya akan memberikan script yang saya gunakapan pada aplikasi yang
akan kita buat, akan saya mulai dari memberikan script untuk membangun form login
:
private void
btnhapusActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {
// TODO add your handling code here:
txtusername.setText("");
txtpassword.setText("");
}
private void btnexitActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt)
{
// TODO add your handling code here:
dispose();
}
Setelah anda berhasil login, anda
akan dibawa menuju tampilan utama, seperti berikut
Setelah muncul menu utama
aplikasi, anda hanya perlu mengklik jenis barang yang dibeli, sebagai contoh
saya akan memilih spion. Dan akan muncul tampilan seperti gambar berikut.
Pada tampilan diatas, anda akan
diberikan informasi mengenai spesifikasi barang, dan harga. Untuk mengetahui
total keseluruhan barang yang dibeli, anda hanya perlu memasukan angka pada
kolo “banyaknya beli” dan secara otomatis komputer akan menghitung, berapa
total harga barang yang dibeli dengan banyaknya barang yang di beli. Seperti gambar
di bawah ini.
Setelah selesai, anda bisa
mengnklik tombol exit yang telah tersedia, atau bisa menyimpan data transaksi
ada dengan menekan tombol “Ctrl+S” atau dengan mengklik menu bar “file ->
save”.Sebelum menutup perjumpaan kita, saya akan sangat senang untuk berbagi
ilmu, script untuk membangun menubar diatas adalah sebagai berikut
private void
CustomActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {
//
TODO add your handling code here:
txtsatuan.setText("1000000");
txtnama.setText("Custom IRON MAN");
JLabel
label_gambar7=new JLabel(new ImageIcon ("src/gambar/IRON MAN.jpg"));
//k,y,lebar,tinggi
label_gambar7.setBounds(2,2,2,2);
label_gambar7.setSize(200,200);
panel_tempat_gambar.add(label_gambar7);
panel_tempat_gambar.revalidate();
panel_tempat_gambar.repaint();
}
private
void txthapusActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {
//
TODO add your handling code here:
txtnama.setText("");
txtjumlah.setText("");
txtsatuan.setText("");
txttotal.setText("");
Fullface.setSelected(false);
Halfface.setSelected(false);
Trail.setSelected(false);
Retro.setSelected(false);
Custom.setSelected(false);
Modular.setSelected(false);
Supermoto.setSelected(false);
panel_tempat_gambar.removeAll();
}
private
void FullfaceActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {
//
TODO add your handling code here:
txtsatuan.setText("500000");
txtnama.setText("AGV Pista GP R");
JLabel
label_gambar1=new JLabel(new ImageIcon("src/gambar/AGV Pista GP
R.jpg"));
//k,y,lebar,tinggi
label_gambar1.setBounds(0,0,0,0);
label_gambar1.setSize(200,200);
panel_tempat_gambar.add(label_gambar1);
panel_tempat_gambar.revalidate();
panel_tempat_gambar.repaint();
}
private
void HalffaceActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {
//
TODO add your handling code here:
txtsatuan.setText("250000");
txtnama.setText("KYT Romeo");
JLabel
label_gambar2=new JLabel(new ImageIcon ("src/gambar/KYT Romeo.jpg"));
//k,y,lebar,tinggi
label_gambar2.setBounds(2,2,2,2);
label_gambar2.setSize(200,200);
panel_tempat_gambar.add(label_gambar2);
panel_tempat_gambar.revalidate();
panel_tempat_gambar.repaint();
}
private
void SupermotoActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {
//
TODO add your handling code here:
txtsatuan.setText("450000");
txtnama.setText("Snail MX311");
JLabel
label_gambar3=new JLabel(new ImageIcon ("src/gambar/Snail
MX311.jpg"));
//k,y,lebar,tinggi
label_gambar3.setBounds(2,2,2,2);
label_gambar3.setSize(200,200);
panel_tempat_gambar.add(label_gambar3);
panel_tempat_gambar.revalidate();
panel_tempat_gambar.repaint();
}
private
void ModularActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {
//
TODO add your handling code here:
txtsatuan.setText("550000");
txtnama.setText("MDS Pro Rider");
JLabel
label_gambar4=new JLabel(new ImageIcon ("src/gambar/MDS Pro
Rider.jpg"));
//k,y,lebar,tinggi
label_gambar4.setBounds(2,2,2,2);
label_gambar4.setSize(200,200);
panel_tempat_gambar.add(label_gambar4);
panel_tempat_gambar.revalidate();
panel_tempat_gambar.repaint();
}
private
void RetroActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {
//
TODO add your handling code here:
txtsatuan.setText("300000");
txtnama.setText("LS2 OF583");
JLabel
label_gambar5=new JLabel(new ImageIcon ("src/gambar/LS2 OF583.jpg"));
//k,y,lebar,tinggi
label_gambar5.setBounds(2,2,2,2);
label_gambar5.setSize(200,200);
panel_tempat_gambar.add(label_gambar5);
panel_tempat_gambar.revalidate();
panel_tempat_gambar.repaint();
}
private
void TrailActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {
//
TODO add your handling code here:
txtsatuan.setText("450000");
txtnama.setText("GM Cross");
JLabel
label_gambar6=new JLabel(new ImageIcon ("src/gambar/GM Cross.jpg"));
//k,y,lebar,tinggi
label_gambar6.setBounds(2,2,2,2);
label_gambar6.setSize(200,200);
panel_tempat_gambar.add(label_gambar6);
panel_tempat_gambar.revalidate();
panel_tempat_gambar.repaint();
}
private
void txthitungActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {
//
TODO add your handling code here:
int
a=Integer.parseInt(txtsatuan.getText());
int
b=Integer.parseInt(txtjumlah.getText());
int
hasilnya=a*b;
txttotal.setText(""+hasilnya);
}
Tidak ada komentar:
Posting Komentar